Friday 17 April 2015

CARA SUKSES BISNIS MLM



Sebelum saya menulis terlalu jauh, saya ingin mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya untuk para pembaca blog ini, bukan maksud saya untuk menggurui atau merasa tinggi hati. Saya di sini sedang proses belajar, bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa anda-lah yang sebenarnya jauh lebih paham tentang cara meraih kesuksesan di MLM.

Saya berfikir, "Apa mungkin kita bisa sukses bisnis MLM?" seketika itu saya googling cari informasi tentang ini. jawabannya saya rangkum sebagai berikut :



1. Berdoa.
Saya tempatkan sebagai nomor pertama, karena apapun yang kita harapkan hasil akhirnya tergantung keputusan Tuhan YME, kecuali bila anda Atheis, maka silahkan abaikan saja, hehehe :)

2. Produk
Kenapa produk itu sangat menentukan kesuksesan bisnis MLM? karena MLM itu pada dasarnya adalah menjual produk. Jadi semakin banyak produk itu disukai/diminati oleh konsumen, maka makin besar peluang anda untuk berkembang dan bisa jadi kesuksesan semakin cepat menyapa anda. Maka dari itu, mulailah mencari MLM yang memiliki produk yang baik, bermutu, berkualitas dan tentu saja, "masuk akal" harganya.

3. Sesuaikan Modal dengan Keuangan
Jangan mudah tergoda dengan keuntungan sedemikian rupa dengan modal yang cukup besar. Karena bisnis ini bukan bisnis 30 menit duduk di depan komputer dapat jutaan rupiah. Sesuaikan modal dengan kemampuan finansial yang anda miliki. Baru jika kita sudah yakin dengan kemampuan finansial kita maka silahkan upgrade ke level yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar pula.

4. Fokuslah Menjual Produk
Kesalahan yang sering dilakukan oleh para anggota MLM adalah : MENCARI DOWNLINE. Kenapa saya menyebutnya sebagai kesalahan? begini, saya berikan kuncinya. MLM itu bukan untuk mencari downline. Bila anda pandai dalam memasarkan produk yang dimiliki oleh MLM, secara otomatis anda akan cepat mendapatkan downline. Kenapa? karena mereka yang membeli produk dari anda sudah pasti "percaya" bahwa produk yang anda tawarkan bisa diterima oleh orang lain (dalam hal ini si pembeli). Tunggu sampai si pembeli ini tertarik untuk ikut bergabung dengan anda, tujuannya untuk mendapatkan harga yang lebih murah karena mendaftar sebagai member. Jadi downline anda memang ikut bergabung karena "Ikhlas". bukan karena "Terpaksa". Barulah saat itu anda bisa menjelaskan keuntungan yang bisa di dapatkan sebagai member. "WAH, KELAMAAN..!!!" ya begitulah, bila anda belum siap, maka saran saya, baca baik-baik point ke 3 di atas."bisnis ini bukan bisnis 30 menit duduk di depan komputer dapat jutaan rupiah"

5. Manfaatkan Uplin
eits... Maksud saya di sini bukan "memanfaatkan" dalam arti negatif lho ya ^_^. Bila anda terbentur pada pertanyaan yang sulit untuk anda jawab sendiri, saran saya mintalah bantuan kepada Upline anda untuk menjelaskannya kepada yang bersangkutan. Kecuali bila anda memang sudah siap untuk menjawabnya sendiri.

6. Promosikan Produk
Jangan sekali-kali anda mempromosikan MLM yang anda ikuti!!!. Karena MLM itu sistem penjualan, jadi tidak pantas untuk di promosikan. Yang sebaiknya anda promosikan yaitu produk anda saja. Karena Seringnya anggota MLM yang "kebablasan" dan melewatkan poin no 4 di atas, akhirnya bukan downline yang anda dapat, tapi cacian atau bahkan yang lebih parah, anda akan dikucilkan. (kejam amat, hehehe). Bukan salah masyarakatnya, ini semua karena maraknya sistem money game, sehingga kadang mereka menyama ratakan antara MLM dengan money game.

7. Pintar Membaca Situasi
Bayangkan apa yang akan terjadi bila anda sedang berada di tempat kawan yang sedang berkabung, lalu anda cuap cuap tentang produk MLM anda. (Atau lebih baik tidak usah dibayangkan saja :bikin ngakak:)

8. Arahkan Downline Untuk Pandai bersikap
Hampir seperti poin ke 7 di atas, tapi ini tujuannya untuk downline anda. Gak mau kan, kalau seandainya karena downline setitik rusak MLM se-indonesia :halah:

9. Berjuang dan Berusaha
Sumber inspirasi adalah dari sebuah lagu dangdut ciptaan H. Rhoma Irama. Hehehe... jadilah seseorang yang berjiwa kesatria, yaitu yang kuat menghadapi segala macam cobaan. Kalau kata pak Kiyai, dibalik kesulitan akan muncul kemudahan, Tuhan tidak tidur dan tidak akan memberikan cobaan diatas kemampuan hambanya.

10. Jangan Berkhayal Terlalu Tinggi
Banyak yang bilang (terutama mereka-mereka yang "berburu" Downline) mengatakan, MLM itu kerjanya mengandalkan mimpi. Oke, saya terima, itu hak anda. Tapi jangan lupa, kita masih punya kehidupan nyata. Kalau mimpi terus, kapan bangunnya? Tolong bedakan antara IMPIAN dengan KHAYALAN..!!!
Impian itu terjadi di alam bawah sadar kita, sedangkan Khayalan itu terjadi justru di saat kita sedang tersadar. Menurut saya, apapun yang kita kejar, kita harus benar-benar berusaha untuk mendapatkannya, jangan takut gagal, tapi takutlah berkhayal. Karena Khayalan itu akan mengakibatkan hal yang buruk. Bahkan bisa menjurus ke arah penipuan.

Oke, saya rasa 10 aja dulu. Mungkin sisanya di update lain waktu. Terima Kasih sudah mampir :)

Sumber

6 comments:

  1. Bagus topiknya. Bagi anda yg ingin sukses di bisnis mlm ayo joint dengan saya menjalan mlm full online dengan produk dan marketing plan dahsyat. Tanpa presentasi, jualan atau mengejar2 prospek. Yang berminat silahkan kunjungi http://www.leadcaptor.com/go/?leader=jumali

    ReplyDelete
  2. Sangat menginspirasi pemain jaringan. Terima kasih. Untuk anda yang ingin sukses di bisnis jaringan, silahkan bergabung dengan MLM paling mudah dimana anda tidak perlu daftar nama, presentasi, follow up, jualan dan kejar2 prospek. MLM ini online dan otomatis, info lbh lanjut silahkan klik http://mlmmudah.com Salam sukses. silahkan juga mampir ke blog saya http://mlmmudahonline.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. mantaap, silahkan klik nutrisi-suplemen.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Masukan yang sangat luar biasa. Produk mmg sngt menentukan, dan bisnis saya menjual produk yang di butuhkan oleh kebanyakan masyarakat pada umumnya, bisnis online hwi, di mana kebanyakan masyarakat indonesia menginginkan produk bagus, cepat dan murah. Dan kami memenuhi kriteria tu krn kmi perusahaan asli.indonesia, anak perusahaan dari pt guna cipta grup yang memiliki produk dagang sambal dua belibis dan cap koepoe2, yang sudah berdiri sejak tahun 1942.Kami menerapkan bisnis online dan bagi yang join saya akan ajarkan menjual online pada 1000 orang yang hobi belanja. Modal kecil, 0 risk dan hasil besar.utk web bis kunjungi www.healthwealthint.com dan info lebih lanjut bisa hub bb : 2381646B, line : hennyflie. Thanks :)

    ReplyDelete
  5. yuk yg mau gabung dengan saya hub fb annisa fitri nurani mlm dg produk indosat

    ReplyDelete